Senin, 05 Desember 2011

anak susah makan???

hai mommy,, pernah ga ngalami anak susah makan ? susu juga emoh, apa-apa emoh. sampai kadang kita jengkel dibuatnya. udah dimasakin ini itu tp ga juga dimakannya.kalo sampe perutnya ga keisi blas, terkadang efeknya, si anak lebih gampang capek, rewel dan suka uring-uringan. gmn nutrisinya bisa terpenuhi ? padahal anak sangat perlu nutrisi yang cukup untuk proses tumbuh kembangnya. nah coba deh tips-tips berikut, mudah2an si kecil kembali lahap makannya :


  1. libatkan si kecil untuk menyiapkan sarapan pagi. misalnya mengoleskan mentega ke roti, dan menghiasnya dengan mesis atau potongan sosis sesuai selera dia. biarkan dia menaruh roti itu di mesin pemanggang.
  2. ajaklah ke supermarket dan melihat-lihat buah warna warni. berikan informasi tentang buah-buahan yg ada disitu kepadanya dan persilakan dia untuk mengambilnya dan menaruhnya dikeranjang belanja.
  3. usahakan untuk selalu duduk bersama untuk makan pagi,siang dan malam. suasana kebersamaan dan berbincang bersama akan memberikan dia kesempatan untuk bercerita banyak hal tentang segala apa yang dialaminya.
  4. oya bunda, belikan juga wadah makan dan minum yang unik yang sekiranya disukai si kecil. biasanya gambar tokoh atau kartun favorit dia.
  5. sajikan menu yang bervariasi dan tampilan yang menarik. misalnya nasi kuning dibentuk kyk spongebob atau nasi dibentuk bintang atau seperti bola. hidangkan semenarik mungkin agar anak penasaran dan mau mengambilnya.
  6. hindari mengajak si kecil makan saat dia sedang emosi, marah, rewel dan sebagainya. tenangkan dulu emosinya dan ajaklah sedikit bercanda.  
well mom,, mudah2an tips diatas berguna dan selamat mencoba !!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar